Rakornas Cirebon Ubah FKDPI Menjadi Forum Dewan Pendidikan Indonesia

CIREBON–Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke-2 Dewan Pendidikan kabupaten dan kota se-Indonesia di Hotel Prima Cirebon, Jawa Barat resmi berakhir Senin (18/9). Rakornas ditutup Sekretaris Kota Cirebon. Agus Mulyadi.

Agus Mulyadi dalam sambutannya mengapresiasi Cirebon yang ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Rakornas ke-2 Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Kabupaten/kota se-Indonesia. Ia berharap rekomendasi dan keputusan dalam forum ini bermanfaat untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

Ada beberapa keputusan penting dalam rakornas yang dihadiri 191 anggota Dewan Pendidikan dari sejumlah kabupaten dan kota di Indonesia itu. Salah satunya adalah perubahan nama dari Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Kabupaten dan Kota se-Indonesia menjadi Forum Dewan Pendidikan Indonesia (FDPI).

“Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Kabupaten/kota Indonesia diubah namanya menjadi Forum Dewan Pendidikan Indonesia,” kata Ketua FDPI, Dr H Joko Riyanto.

Selain transformasi perubahan nama, rakornas juga mendorong terbentuknya pengurus Dewan Pendidikan Nasional sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tim formatur Rakornas akan segera merampungkan rekomendasi untuk disampaikan ke Mendikbud, Nadiem Makarim.

Dewan Pendidikan Makassar

Komisioner Dewan Pendidikan Makassar, Aminuddin Taraweh juga diminta membagi best practice pengelolaan Dewan Pendidikan di forum rakernas.

Sejumlah kegiatan yang pernah digelar Dewan Pendidikan Makassar disampaikan secara gamblang oleh Aminuddin. Mulai dari kegiatan Focuss Group Discusssion, DPKM Menyapa untuk berinteraksi dengan komite sekolah, hingga apresiasi terhadap guru di momen hari guru nasional.

Secara khusus Aminuddin juga menyampaikan dukungan pemerintah kota Makassar dalam hal ini Walikota, Moh Ramdhan Pomanto yang sangat besar dalam mendukung eksistensi dan kegiatan Dewan Pendidikan Kota Makassar.

“Eksistensi Dewan Pendidikan Makassar antara lain karena dukungan pemerintah kota Makassar selama ini,” kata Aminuddin.

Selain Aminuddin, beberapa komisioner Dewan Pendidikan Kota Makassar lainnya juga mengikuti forum yang berlangsung di Hotel Prima Cirebon, 17-18 September 2023. Mereka adalah Hj Apiaty Amin Syam, Yeni Rahman, Suarman, Muh Anwar, Ariella Hana Sinjaya, Sulwan Dase, dan Fachruddin Palapa. (pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here