Dewan Pendidikan Makassar Perkuat Peran Komite Sekolah

RAKOR. Dewan Pendidikan Kota Makassar menyelenggarakan Rakor Peningkatan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se-Kota Makassar di Hotel Arthama Makassar, Selasa (29/6/2021). foto: humas dpkm

MAKASSAR – Dewan Pendidikan Kota Makassar (DPKM) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Peran Komite Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se-Kota Makassar di Hotel Arthama Makassar, Selasa (29/6/2021).

Rakor yang melibatkan puluhan komite sekolah di Makassar ini, dibuka Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Hj Apiaty Amin Syam.

Ketua Panitia Pelaksana, Nasran Mone, mengatakan, penguatan kapasitas bagi komite sekolah harus dilakukan. Mengingat banyak aturan baru terkait pendidikan yang harus disosialisasikan ke orang tua peserta didik.

Mantan anggota DPRD Makassar ini, menjelaskan, selama ini, fungsi dan peran komite sekolah banyak diabaikan. Karena persoalan itu, Dewan Pendidikan berharap melalui sosialisasi ini, perannya bisa lebih diperhitungkan.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Pendidikan, Hj Apiaty Amin Syam, mengatakan, komite sekolah seharusnya bertugas memberi pertimbangan dalam penentuan kebijakan pendidikan di sekolah. Selain itu, melakukan pengawasan rencana anggaran terhadap belanja sekolah.

Namun, melihat masih banyak komite sekolah yang merasa tidak dibutuhkan sekolah. Padahal, kapasitasnya sebagai jembatan antara orang tua dan pihak sekolah.

“Jadi peran dan fungsi komite sekolah itu sangat penting sebagai wakil orang tua murid. Keberadaannya sebagai jembatan,” ungkapnya.

Apiaty berharap, para komite sekolah yang telah mengikuti rakor, bisa lebih memahami perannya.

“Kami berharap, para komite sekolah yang sempat hadir bisa memanfaatkan momen ini. Materi-materi yang disampaikan narasumber menjadi rujukan dan pegangan untuk bisa mengelola komite sekolah lebih baik lagi,” jelasnya.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut, diantaranya Ketua Dewan Pendidikan Provinsi Sulsel Ady Suryadi Culla, Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Ramli Rahim, dan Sawedi Muhammad. Rakor dipandu budayawan Sulsel, Moh Hasymi Ibrahim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here