Rakornas Forum Dewan Pendidikan Indonesia Digelar di Makassar September 2024

MAKASSAR–Pengurus Dewan Pendidikan kabupaten dan kota se-Indonesia bakal berkumpul di Makassar, 11-13 September mendatang. Mereka akan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Forum Dewan Pendidikan Indonesia.

Ketua penyelenggara Rakornas Forum Dewan Pendidikan Indonesia 2024, Aminuddin Tarawe mengatakan rakornas akan membahas sejumlah isu pendidikan yang terjadi di hampir seluruh kabupaten dan kota di Indonesia.

“Tema rakornas lebih pada penguatan peran Dewan Pendidikan dalam mendukung program pemerintah di sektor pendidikan di masing-masing daerah,” katanya.

Aminuddin menambahkan penetapan Makassar sebagai tuan rumah penyelenggara Rakornas merupakan rekomendasi forum serupa di Cirebon, Jawa Barat, 2023 lalu.

“Jadi ini merupakan rakornas ketiga. Rakornas kedua tahun lalu memang merekomendasikan Makassar sebagai tuan rumah,” kata Aminuddin.

Sekretaris panitia, Fachruddin Palapa menambahkan pihaknya sudah menyebar undangan kepada seluruh Dewan Pendidikan kabupaten dan kota se-Indonesia. Sejumlah daerah bahkan sudah melakukan registrasi kesediaan mengikuti dan menghadiri forum ini.

“Hingga hari ini sudah lebih 40 kabupaten dan kota yang registrasi. Panitia masih memberi kesempatan kepada seluruh kabupaten untuk registrasi paling lambat 30 Agustus ini,” katanya.

Agenda Rakornas

Rakornas Forum Dewan Pendidikan Indonesia akan berlangsung selama tiga hari, 11-13 September 2024 di Hotel Aryaduta Makassar.

Panitia pengarah rakornas sudah menyusun rangkaian acara selama kegiatan berlangsung. Setelah pembukaan, rakornas akan dilanjutkan dengan sidang pleno dan sidang komisi.

Baca Juga : Ini Pengakuan Geraldine Beldi saat Temukan Eril di Bendungan Engehalde
“Sidang komisi akan dibagi tiga. Komisi A membahas anggaran dasar, komisi B membahas program kerja, dan komisi C membahas rekomendasi,” kata Aminuddin.

Rakornas juga mengundang Menteri Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek, Nadiem Makarim sebagai narasumber di forum ini. Narasumber lainnya adalah anggota Komisi X DPR RI, Zainuddin Maliki, Rektor UNM Makassar, Prof Dr Karta Jayadi, dan Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi.

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto akan menjadi keynote speech sekaligus membuka secara resmi forum Rakornas. (pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here