Wakil Ketua Dewan Pendidikan Makassar Apiaty Amin Syam Resmi Menyandang Gelar Profesor

MAKASSAR–Wakil Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Dr Hj Apiaty Amin Syam akan dikukuhkan menjadi guru besar bidang sosial ekonomi pertanian Fakultas Ilmu Administras Universitas Pepabri Makassar. Pengukuhan akan berlangsung di Hotel Grand Claro Makassar, Senin (15/1).

Upacara pengukuhan guru besar Apiaty dilangsungkan dalam rapat senat terbuka yang akan dipimpin langsung Rektor Universitas Pepabri, Dr Hidayat Marmin.

Ketua Yayasan Pendidikan Dharmawirawan Pepabri Sulsel, Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki dan Ketua LLDikti Wilayah IX, Dr Lukman juga hadir.

Dalam prosesi pengukuhan guru besarnya, Apiaty Amin Syam menyampaikan orasi ilmiah berjudul “Tantangan Sektor Sosial Ekonomi Pertanian dalam Menghadapi Era Transformasi Digital dalam Sektor Agribinis Menuju Indonesia Emas 2045”.

Dalam paparannya, Apiaty yang juga anggota DPRD Kota Makassar itu mengulas pentingnya mendorong digitalisasi pertanian dalam mendorong ekonomi dan kesejahteraan petani Indonesia.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo dan sejumlah komisioner Dewan Pendidikan Kota Makassar juga hadir dalam acara ini. Secara khusus, Rudianto menyampaikan selamat atas capaian gelar guru besar untuk Apiaty Amin Syam.

Selain sebagai tenaga edukasi di Universitas Pepabri Makassar, istri mantan Gubernur Sulsel, HM Amin Syam ini juga aktif di sejumlah lembaga. Di antaranya sebagai anggota DPRD Makassar dan komisioner Dewan Pendidikan Kota Makassar.

Di samping itu, Apiaty juga aktif memimpin sejumlah organisasi. Di antaranya Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Makassar, Ketua Badan Koordinasi Organsiasi Wanita (BKOW) Sulsel, dan sejumlah prganisasi lainnya.

Dihadiri Tokoh

Sejumlah tokoh dan pejabat hadir dalam upacara pengukuhan gelar guru besar Apiaty Amain Syam. Mereka antara lain Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto, Pj Walikota Batu, Jawa Timur, Aries Agung Paewai, Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo, Plt Sekkot Makassar, Firman Pagarra, dan mantan Walikota Parepare, HM Taufan Pawe.

Sejumlah rektor dan guru besar juga hadir. Di antaranya Rektor Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar, Prof Sufirman, Ketua ICMI Sulsel yang juga mantan Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Dr Arismunandar, mantan Rektor UMI, Prof Dr Mansyur Ramly, dan sejumlah guru besar lainnya.

Mantan Gubernur Sulsel, Prof Dr HM Nurdin Abdullah bersama istri, Lies Fachruddin juga hadir. (pap)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here