Rudianto Lallo: Era Digitalisasi Tidak Bisa Gerus Karakter Anak Didik

MAKASSAR–Dewan Pendidikan Kota Makassar menggelar rapat koordinasi manajemen pengembangan karakter bagi kepala SD se-Kota Makassar. Rakor berlangsung di Hotel Teras Kita Makassar, Kamis, 9 September 2021.

Rapat koordinasi dibuka langsung Ketua DPKM Kota Makassar, Rudianto Lallo. Hadir juga Kepala Bidang Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Makassar, Panca Nurwahidin dan Wakil Ketua DPKM Kota Makassar, Hj Apiaty Amin Syam.

Ketua Dewan Pendidikan Kota Makassar, Rudianto Lallo dalam sambutannya mengatakan penanaman karakter pada anak didik harus menjadi perhatian serius terutama di jenjang sekolah dasar.  Sekolah punya tanggung jawab membuat anak-anak didiknya berperilaku baik, sopan, santun, jujur, rendah hati, dan perilaku-perilaku baik lainnya.

“Kemajuan teknologi dan era digitalisasi tidak boleh menggerus karakter anak-anak didik dan membuat moralnya menyimpang,” kata Rudianto.

Ketua DPRD Kota Makassar itu menambahkan peran guru bimbingan konseling dan wali kelas di setiap sekolah memiliki peran signifikan dalam mengarahkan perilaku anak didik. Lazimnya, kata dia, anak-anak yang melanggar di sekolah kerap mendapat bimbingan dan nasihat dari guru BK.

Sementara itu Kepala Bidang GTK Dinas Pendidikan Kota Makassar, Panca Nurwahidin mengapresiasi program DPKM yang menginisiasi kegiatan ini. Panca mengatakan pengembangan karakter anak didik memang perlu terus dilakukan dalam upaya mewujudkan generasi-generasi berakhlak mulia.

Ketua panitia pelaksana, Muhammad Anwar melaporkan rapat koordinasi ini diikuti 70 kepala SD di Makassar. Rakor menghadirkan beberapa narasumber. Di antaranya psikolog UNM, Eva Mayzarah, Prof Dr Basri Wello, dan beberapa narasumber lainnya. (*)

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here