Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan

Didalam suatu bangsa, terdapat beberapa perbedaan budaya dan karakter yang menjadi kebiasaan dan keseharian dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Dari perbedaan ini muncul sebuah ciri khas yang membedakannya dengan negara lain. Dengan ciri khas inilah muncul yang namanya identitas nasional yang menjadi pegangan suatu bangsa.
Karena dengan pendidikan nilai budaya dan karakter bangsanya suatu bangsa bisa disegani oleh bangsa-bangsa lain, tidak terkecuali bangsa dari negara-negara modern.

Dalam artian, kekayaan budaya, bangsa dan nilai nilai yang terdapat didalamnya menjadi sebuah pondasi penting untuk menjaga paradigma suatu bangsa terhadap bangsa dari negara lain.

Untuk mewujudkan budaya dan karakter bangsa ini, tentunya terdapat sebuah tindakan nyata dan realistis untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan karakter suatu bangsa melalui program pendidikan.
Maka dari itu, sekolah sebagai tingkatan dasar pendidikan dituntut untuk menanamkan nilai-nilai budaya dan karakter pada generasi mudanya.

Tidak hanya itu, untuk mewujudkan suatu negara dengan bangsa yang baik perlu juga dengan mengaplikasikan, mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai budaya dan karakter yang telah didapat melalui program pendidikan.

Siswa sebagai generasi muda yang akan melanjutkan untuk menjaga dan memelihara suatu bangsa agar suatu negara senantiasa damai dan sejahtera merupakan orang orang pilihan yang berkompeten dan memiliki karakter yang baik.

Selain itu, peran orang tua juga penting sebagai pendidik utama. Orang tua dapat mengkondisikan bagaimana lingkungan terdekat mereka seperti keluarga maupun lingkungan masyarakatnya, agar penyaluran nilai-nilai budaya maupun karakter bangsa bisa lebih mudah dipelajari.

Dalam menumbuhkan karakter dan kebudayaan bangsa ini, maka perlu juga ditumbuhkan kemampuan masyarakat untuk memahami dan mengamalkan nilai budaya daerah yang sudah ada dan beradab untuk menyerap nilai budaya asing yang positif untuk memperkaya budaya bangsa.

Contoh perwujudan nilai budaya dan karakter bangsa ini bisa dengan menciptakan suasana yang mendorong seseorang untuk bersikap kerja keras, disiplin, menghargai orang lain, mampu menyesuaikan diri, dan kreatif.

Maka dari itu, dapat kita simpulkan bahwa pendidikan sangat berperan penting dalam menumbuhkan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa melalui proses belajar mengajar.
Tidak hanya mengajarkan saja, nilai dan karakter bangsa ini harus diamalkan bagi generasi mudanya untuk menjadi pengalaman dan paradigma yang baik untuk masa depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here